Sabtu, 17 November 2012

MBATIK+MAGANG DERMATOL= ASIK n SERU

hai teman-teman..pa kabar nihh? Alhamdulillah, Allahu Akbar, Luar biasa...:)
kali ini aku mau cerita nii man teman... 3 November 2012... ceritanya tuuh berawal dari......

BANGUN TIDUR, sebenarnya bangun tidur pagi itu hal yang paling malas dilakukan saat hari libur. Libur itu kan identik dengan malas2an @rumah or kost.an tercinta bukan? >relatif ding<
nah itulah yang aq alami hari ini...yakin deh, aq males banget bangun, couse hari ini hari SABTU gitu looh.. LIBUR gitu looh..tapi.tapi.tapi..karena ada suatu hal yang membuatku HARUS bangun pagi (UTS MBATIK @Museum Tekstil, Tanah Abang), akhirnya aku bangun deeh... (Sebenarnya aq tuh niat banget mau ke museum tekstil, gimana enggak? mau jalan2 gitu looh, naik kereta gitu looh, naik bajaj gitu looh..haha )... itu juga masih setengah2, bangun ke kamar mandi tiduran lagi bangun lagi tidur lagi, hingga aq tersadarkan (sebenarnya udah nyadar siih) KERETA berangkat jam 07.13 WIB dan saat itu waktu sudah menunjukkan pukuk 06.30.. MASALAHNYA....
aq belum mandi..hahaaa...

Langsung capcus deeh mandi..selesai jam 7 TEPAT..woow..13 menit lagi sodaraaaa....belum buat jalan ke stasiunnya..tapi dasar lagi aneh kali yaaa...aq malah santai2 aja.. #gubrak.
Aq langsung ngirim "text" ke temen aq buat cepet2 berangkat.. pas aq buka jendela kamarku, ternyata cintaaaa HUJAN >Alhamdulillah<.. tambah nyante aja niih aq.. #gubrak vers 2.
Dengan bermodalkan payung dan tekad yang kuat.. aq langsung deeh capcus berangkat...

yeyeii... aq nunggu bikun lamaaa banget, sebenarnya udah ada 2 bikun liwat semenjak aq berdiri di dekat shalter sepeda, tapi..karena temen aq NUNGGU temennya lagi jadi aq harus ikut nungguin temennya temen aq jg dong.. yasudlah daripada nanti aq nyasar sendirian di tanah abang, mendingan setia temen deeh..hehee

naah setelah temennya temen aq dateng niih,, (masalahnya temennya temen aq yg aq gak tau namanya siapa, mirip sama someone(cewe)..galo deeh aq, smpe senyumnya jg mirip, iiihh nyebeli men)
tpi si BIKUN belum juga datang...
datanglah..kedatanganmu ku tunggu.. tlah lama.. telah lama ku menunggu...*nyanyi*
udah 30 MENIT kami nungguin bikun sambil berdiri megang PAYUNG, tengok kanan tengok kiri..
dan kerena bikun tak kunjung datang, akhirnya kami mengeluarkan jurus andalan...OJEG...
dengan segera kami menghampiri abang tukang ojeg..

Okesiphh...naik ojeg ngebut...seger banget udara di pagi hari, pa lg ujannya baru aja reda..
gak enaknya itu MACET, aq baru tau kalo di deket stasiun kalo pagi macet kaya gitu...pantes bikun lama.. dan gak enaknya lagi abang tukang ojeg.a udah ngerasa kaya pembalap kali yaa... selip kanan selip kiri..asooyyy... *istighfar dalam hati*

naah di stasiun aq bingung.. gimana enggak, ini kali PERTAMAnya aq naik kereta..apalagi kereta yang mau aq naiki bentar lagi nyampe dan aq BELUM beli tiketnya, dan yg MENYEBALKAN lagi tuh temennya temen aq yang mirip someone tiba2 udah lagi ngantri aja, dan yg menyebalkan lagi dia cuma beli buat dia sendiri.. oh noooo...tambah bingung aja aq.. sumpeh, aq bingung, Alhamdulillahnya aq gak sendiri niih...langsung aq beli deh tuh TIKET seharga 8000.. lari.lari dan nyampe deehh..

yeesss...akhirnya bisa naik kereta juga (seneng)... noooo..aq berdiri (capek)... selama dalam kereta aq berdiri teman.. capek,, tangannya pegel pegangan digantungan..u,u... udah gitu kipasnya BADAI abis dan aq tepat di bawahnya, dan baju yang aq pake itu lengannya cuma 3/4 lebih sedikit...oksiiip...kedinginan banget aq...
okee...setelah SATU jam berdiri dalam kereta (cuma duduk jarak 1 stasiun n itu gak berasa, tp Alhamdulillah) akhirnya nyampe juga di stasiun TANAH ABANG...ye.ye.la.la.la...:D

oke, keluar stasiun galo mau naik angkot atau jalan kaki, dan akhirnya setelah melalui rapat pleno dadakan n dalam waktu yang sesingkat-singkatnya...kami memutuskan untuk JALAN KAKI..
oke jalan kaki adalah pilihan yang baik <ngirit ongkos>... kami jalan deeh, gak jauh kok n gak deket juga.. setelah menelusuri jalan yang seperti pasar <emang pasar ding> akhirnya sampe juga di MUSEUM TEKSTIL. :D

di museum sudah lagi pada ngantri buat absen... dengan santai aq ngikut baris.. Sebenarnya (eh, daritadi sebenarnya terus yaah..haha) aq itu ngikut kelas orang... seharusnya aq itu jadwal mbatik di museum tekstilnya tanggal 10 November... tapi.tapi.tapi..tanggal 10 November aq ada acara MAGANG DERMATOL... dan ternyataaa cintaaa.. tanggal 3 November juga tepatnya hari ini, ada magang dermatol juga <jadwal tambahan> gubraklah...
oke, kembali ke museum tekstil.. aq ikut ngantri baris, tapi setelah ngirim "text" ke temenku yang namanya Kart aq mengurungkan niat buat ikut ngantri..dengan perlahan2 tapi pasti aq minggir,minggir dan minggir hingga akhirnya aku duduk..nikmatnya... :D

oke, lagi asik-asik FB.an..tiba2 ada yang manggil AFLAHA..... busyet deehh.. dari ujung ke ujung.. pada nengok semua (lebah).. lagsung aja aq berdiri ngampiri temen aq itu, akhirnya dateng jg... oke kita langsung capcus absen..emang dasarnya absen aq itu udah paten kali yaah... di situ nulis namanya tepat di no 69..yeesss... habis absen langsung ambil jajan...inilah yang ditunggu2 dari tadi.. makan..sumpeh aq laper banget, belom makan.. cuma makan angin dari kipas angin yang BADAI abiizzzzz.......

oke, lagi asik2 makan, temen aq si Kart tiba2 membicarakan mengenai dosen batik hari senen slasa jumat yang kita tebengin...dia takut kalo dosen itu gak dateng n gak bawa kain yg buat batik kita. udah q bilang kan aq NEBENG, jadi takutnya kain batiknya masih di dosen asli q nama.a BU MARHA.. panik dong si Kart, apalagi anak2 senen slasa jumat kain buat batiknya d pegang sendiri2, tambah panik dong...
oke, dengan meninggalkan bungkus makanan yg tinggal plastiknya, kami mencari anak yang ngebawa kain batik kami... dan yesss ada...langsung senyum deh kami berdua...cissss :)))

okee...setelah lama menunggu, kami di suruh kumpul..acaranya akan dimulai..
naaah..pertama, kami di ceritain mengenai asal usul museum tekstil.. waahh SEJARAHnya tuuh panjang banget <gak ding>. Museum tekstil itu dibangun pada abad ke 19. Museum tekstil tersebut milik orang PERANCIS yang di jadikan sebagai rumah... sumpeh gak kebayang deh kalo tuh museum jadi rumah, besarnya ampun deeh...butuh banyak pembantu...hihhii.. nah, setelah dijadikan rumah oleh orang perancis dijual deh tuh rumah ke orang CINA buat di jadiin panti jompo..pada taun 1975 museum ini dijadikan markas BKR (Barisan Keamanan Rakyat) dan intinya museum tekstil ini pernah buat rumah, panti jompo, markas sebelum akhirnya diresmikan sebagai GEDUNG MUSEUM TEKSTIL pada tahun 28 Juni 1976 oleh almarhum Ibu Tien Soeharto... prok.prok.prok...
Nah.. ini tampilan dari depannya.. 

Begitu masuk gedung..wooww..udaranya bedaa...dinginnya gimana gitu... BANYAK banget koleksi BATIKnya..wow, keren abizzz...sebenarnya kami disuruh ngedengerin mas2 yang jd guard..tapi..karena gak kedengeran juga, akhirnya aq beserta anak farmasi lainnya (berempat) memutuskan untuk foto2 saja...hahaaa...


setelah selesai kami menuju gedung sebelahnya, isinya tuuh kain bahan tekstil mulai dari baju pengantin same sarung n selendang ada semua...nah..di sini ada satu peristiwa dimana saat aq dan Kart bingung mau cari tugas buat makalah dari mana couse di situ gak ada penjelasan mengenai PENGAKUAN UNESCO terhadap BATIK INDONESIA..so, kami memutuskan untuk mewawancarai mas guard-nya.. oke, prosesnya udah kaya wawancara beneran..pake acara rekam2an, foto2an..sampe2 ada beberapa anak yang ikut2 ngerekam..aiih, pengen ketawa aq... tapi gak apa2 sii, namanya juga cari ilmu.. :Dhahaaa

setelah dari ruang tekstil kami ke taman pewarna alami...
tamannya gimana yaaa...begitulah... disitu  lumayan banyak tanaman.. diantaranya ada pohon jambu, mangga, kunyit, lidah mertua dkk...yg aq inget cuma itu..hehee...:D
udah niih..seperti biasa...entah itu mas guardnya lagi ngomong apa, aq minggir aja foto2 lagi..hehee.. *maaf yaa mas ga ngedengerin*
abis dari taman, kami ke ruang alat tenun...yaappzzz.... di sana isinya alat2 tenun..mulai dari yang kecil sampe yang besar...wiiihh..karena sempit nih ruangannya penuh sama alat2 tenun, kami (aq dan ke-3 temanku) memutuskan utk keluar..dan kalian tau apa yang kami lakukan?? yuuuppzzz... FOTO2 lagi...
kali ini aq foto sama ondel-ondel..hihii...ondel-ondelnya lucu..(cuma patung :D)


udah niihh...habis dari sini...kami d suruh NUNGGGU...hmmm...menunggu itu sesuatu yang menyebalkan,. Karena kami udah capek foto2 (padahal aq belum) dan muter2,, akhirnya kami memutuska untuk duduk saja..sumpeh bosen abis deh...
saat menikmati kebosanan itu, tiba2 Ibu dosen datang... mahasiswa UI yang mau nge-BATIK ikuti saya ke belakang...
yeessss!! inilah yang kami tunggu2 MBATIK...ye.ye.la.la.la..

masuk ruang mbatik..wuuuiiihh...bau malamnya berasa banget..gak sabar pengin cepet2 mbatik..
ngeliat temen2 yang lain mbatik hasilnya bagus2 banget..rapih gitu..
akhirnya dapet giliran mbatik juga..siap2 duduk, tenangkan hati..sumpeh deh...gemeteran nih tangan pas awal pegang canting..tapi lama2 asik juga...bener2 harus sabar, telaten n teliti, kalo gak bisa2 terjadi sesuatu, tetesan yang gak di inginkan..naah seperti aq nihh, ada sekitar 5 tetesan yang tak diinginkan, tp yang 2 aq jadiin hiasan aja..corak tetesan bundernya aq hias jadi mirip matahari..wkwk..

akhirnya setelah sekitar entah brapa jam aq mbantik akhirnya jadi juga...walaupun ada beberapa tetesan yang tak semestinya,ga papah, kata Ibu2 yang menghampiriku bilang "waah, udah bagus ini, baru mbatik udah bagus hasilnya, bagus.bagus.."
wooww...seneng banget aq dibilang begitu...hihiii...langsung deeh aq bawa ke belakang buat diwarnai..

naah PROSES MBATIK itu ada beberapa, diantaranya yang pertama membuat pola, lalu melapisi dengan malam (NEMBOK), naah abis itu di warnai, abis di warnai di rebus biar malamnya pada lepas (NGLOROD) dan terakhir di jemur deeh... yeyeeiii... akhirnya selesai juga..
makan deehh..hahaa...
ini nihh hasil karya q..


Petualanganku di hari Sabtu ini belum selesai, aq harus melaksanakan tugasku yaitu Magang Dermatol.
oke, setelah selesai makan, aq dan ketiga kawanku langsung capcuss pulang, sebenarnya kalo gak ada magang aq mau jalan2 sama Kart naik bajaj keliling tanah abang, hehee, tapi.. karena ada magang yasudlah aq memutuskan untuk langsung pulang karena aq harus kumpul jam 3, dan kereta brangkat jam setengah 3.. gubrak,
buru-buru deh aq...

sampe stasiun nunggu lagi sekitar 10 menitan, dan itu berasa 10 jam lamaaa banget, akhirnya tuh kereta datang, dan ini untuk yang keDUA kalinya aq naik kereta..hehee,
udah masuk nih, penuh ternyata, berdiri lagi deh.. nasib2, mana ngantuk banget lagi, alhasil aq tidur sambil berdiri (emang bisa?)
satu jam tlah berlalu, akhirnya sampe juga di stasiun pocin, alhamdulillah.. sumpeh, capek banget, kaki n tangannya pegel banget..u,u

oke, turun dari kereta aq bingung mau kemana, gak tau temen2 yang lain kumpulnya dimana, akhirnya aq memutuskan untuk jalan ke arah margonda.. setelah jalan hampir sampe, aq galo, aq memutuskan untuk berhenti dan duduk sebentar sambil kirim "text". naah.. ternyata yang lain masih di pocin, aih.. aq balik lg deh ke halte pocin. nah, pas aq sampe di halte pocin, ternyata cintaaa, yang lainya udah lg di angkot dan udah sampai mana?? Margonda.. gubrak, balik lagi deh nih aq, jalan ke margonda.. dengan hati yang niat akhirnya aq sampe tuh di jalan raya, dan langsung capcus naik angkot (stlah nunggu angkot n nyebrang yg lama).

oke, ini pertama kalinya aq pergi sendirian, alhamdulillahnya, aq udah pernah ke terminal or itc jd gak bingung.heheee..
sampae deh di itc, aq langsung ke mushola.a, disana udah ada temen2 dan kakak-nya habis sholat. setelah selesai siap2 langsung pergi ke tujuan magang yaitu di ....... (lupa nama).
oia, perjalanan menuju tempat tujuan itu sesuatu banget, mendaki bukit lewati lembah.. naik turun tangga.. hahaaa, capek bin bingung.. :D

oke, ini pertama kalinya aq magang, kami ngajar anak SD, dan aq kedapatan ngajar anak kelas 2 SD (berasa ngajar adik sendiri), aq ngajar Erik dan temenku ngajar weni, kebetulan yang ngajar kelas 2 ada 2 dan muridnya juga ada 2, jadi satu2 deh.. hehee...
kami ngajar matematika, oke, menurut aq matematika itu materi andalan buat ngajar.. hehee..

kami ngajar sekitar 1 jam, dan berjalan agak lancar, sebab yang namanya erik itu bener2 erik, brisik ga mau diem. nah..setelah selesai belajar kami mengadakan games, tapi apa yang terjadi?? gamesnya GAGAL, hahaaa.. tuh adek2 malah pada buat games sendiri, brisik2 sendiri, ribut sendiri... ramee banget deeh.. asiik n seruuu... dibutuhkan kesabaran yang ektra.. hehee..

karena gamesnya gagal dan sudah maghrib, kami memutuskan untuk mengakhiri kegiatannya,
akhirnya kami pulang deeh.. see u adik2, smoga aq jadi anggota dermatol sehingga bisa bertemu dengan kalian lagi... :))

petualangan hari sabtu ini selesai.... sampai jumpa di sabtu yang lainnya... :D








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar